Pengelolaan Lingkungan

Semakin berkurangnya sumber daya alam yang tersedia, maka salah satu tantangan global terbesar saat ini adalah mengoptimalkan dan berefisiensi dalam penggunaan sumber daya alam. Untuk memastikan pengelolaan sumber daya yang efisien, Management PT Prima Cable Indo telah membentuk Sistem Manajemen Terpadu untuk Kualitas, Lingkungan, Energi, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja yang terintegrasi dengan target dan ketersediaan sumber daya serta kenyamanan lingkungan kerja dan perlindungan kesehatan. Sistem tersebut telah disesuaikan dengan standar ISO 14001, OHSAS 18001 dan SMK3 yang sedang digalakan oleh pemerintah, sehingga implementasi dalam tanggung jawab dan aktualisasi pekerjaan bukan hanya sekedar pemenuhan persyaratan dan standar – standar tersebut.

Program Sistem Manajemen Terpadu PCI adalah perpaduan antara tanggung jawab terhadap manusia dan lingkungan, termasuk komitmen untuk pengelolaan sumber daya secara efisien dalam rangka kepentingan perlindungan lingkungan. Hasil kerja dari program tersebut serta pencapaiannya akan diajukan sebagai bahan management review pada setiap tahun.

Air

Air adalah sumber utama bagi semua aspek kehidupan, oleh karena itu pengelolaan air adalah elemen penting yang selalu digunakan secara continue dan harus dijaga ketersediaannya. Penggunaan air secara efisien telah diterapkan pada seluruh departemen termasuk dalam proses produksi dan juga dalam hal memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan air.

Pasokan air  pabrik bersumber dari sumur air tanah sehingga membutuhkan pemahaman mengenai keseimbangan air sebagai langkah awal suksesnya manajemen pengelolaan air. PT Prima Cable Indo telah menunjukkan dukungan terhadap pelestarian dan konservasi air seperti penanaman pohon di lahan kosong dan pembuatan danau sebagai daerah penampungan air hujan. Serta secara konkrit dalam pengelolaan air yang efisien di lokasi produksi seperti menjaga tingkat konsumsi air yang harus selalu rendah, dan daur ulang air dalam proses produksi adalah suatu keharusan sehingga dapat dicapai tingkat effisiensi yang maksimal dalam pemakaian air.

Listrik

Meningkatkan Efisiensi Energi adalah masalah utama dalam upaya penghematan energi, seperti mengurangi emisi gas rumah kaca dan tantangan menghadapi perubahan iklim. Energi  utama yang digunakan dalam pabrik adalah energi listrik yang bersumber dari PLN dan tidak menggunakan energi listrik cadangan yang berasal Genset. Sumber energi primer lainnya, seperti minyak dan gas, hanya digunakan oleh sebagian kecil peralatan atau mesin.

Sebagian besar energi listrik dikonsumsi untuk keperluan mengoperasikan peralatan produksi dan supply energi listrik ke kantor serta PJU. Meningkatkan efisiensi energi listrik berarti mengurangi konsumsi energi secara spesifik yaitu dengan menghitung penggunaan energi listrik sebagai hitungan biaya per meter produk jadi. Program efisiensi tersebut berlaku untuk semua departemen perusahaan sehingga dapat membantu mengidentifikasi dan menindaklanjuti departemen pengguna energi listrik terbesar di lingkungan pabrik. Evaluasi berkesinambungan terhadap penggunaan energi listrik akan tetap menjaga tingkat efisiensitas di lingkungan PT Prima Cable Indo.

Limbah

Meskipun semua upaya untuk menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien telah dilakukan, akan tetapi timbulnya limbah tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, tujuan perusahaan berikutnya adalah memastikan bahwa limbah harus dikelola secara tepat dan benar. Untuk menghindari tercampurnya limbah yang beracun (B3) dan limbah yang tidak beracun, maka limbah sisa produksi atau kegiatan lainnya akan diidentifikasi terlebih dahulu kemudian akan ditempatkan dan disimpan sesuai jenisnya. Jika limbah tersebut mengandung B3 maka akan diperlakukan khusus dan ditimbang sebelum disimpan di Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) B3. Perlakuan khusus ini dipastikan harus berjalan dengan tepat dan benar sehingga mengurangi pencemaran lingkungan. Secara periodik, limbah di TPS B3 akan diangkut ke luar pabrik dalam rangka pemusnahan yang harus dilakukan oleh perusahaan pengelola limbah B3 yang memiliki ijin legalitas yang jelas.

PT Prima Cable Indo adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur Kabel Listrik dan Telekomunikasi dengan teknologi dan kualitas yang tinggi. kami meliputi kabel listrik bervoltase rendah dan menengah, kabel telekomunikasi yang semuanya di desain sesuai standar nasional maupun internasional seperti JIS, VDE, SPLN (LMK).